Belajar Dengan Metode MURDER

Bagaimana supaya kita dapat belajar dengan tepat serta baik, membutuhkan strategi serta metode yang tepat. Terdapat bermacam metode dan sistem untuk belajar, namun disini akan disharing metode belajar yang cukup ampuh untuk memperoleh intisari pelajaran. Metode ini diadaptasi dari buku John R. Hayes, The Complete Problem Solver, serta apabila digunakan hasilnya sangat efisien.

Metode ini dinamakan MURDER, singkatan dari Mood- Understand- Recall- Digest- Expand- Review. Bila di Indonesiakan, kurang lebih Atmosfer Hati Ceria- Pahami- Ulang- Telaah- Kembangkan- Pelajari Kembali, ataupun SPUTKP. Berhubung singkatan indonesianya tidak layak, ya dikembalikan lagi asalnya.

Apa itu MURDER serta gimana penjelasannya, berikut tekniknya secara lengkap.

1. MOOD– Atmosfer Hati

Disini merupakan gimana dapat membangun atmosfer hati yang mendukung. Penulis lebih suka menggambarkannya selaku Gairah ataupun Passion. Suasana hati bisa dibentuk dengan menentukan waktu, area serta perilaku terhadap belajar yang sangat cocok buat diri sendiri, cocok pribadi masing- masing. Selaku contoh, terdapat sahabat yang sangat suka belajar jika sembari mendengar music. Nah lakukan hal tersebut bila memanglah sesuai serta pas sesuai karakter.

2. UNDERSTAND– Pahami

Bacalah modul yang mau dipelajari. Beri ciri bila menemukan hal yang belum dipahami, dapat memakai stabilo atau catatan/ note pada tempat tersebut. Cari tahu mengenai hal yang belum dipahami, dapat melalui diskusi, bertanya ataupun lewat internet. Yang penting disini adalah tidak perlu malu bila kamu tidak tahu. Semakin kamu banyak belajar, semakin jelas kalau ilmu yang dipunyai terasa semakin sedikit.

3. RECALL– Ulangi

Setelah mempelajai suatu topik, tema atau unit tertentu, berhenti kemudian ulangi kembali ataupun baca kembali topik, materi tersebut. Triknya adalah dengan membuat rangkuman modul tersebut. Jika penulis, biasanya sangat suka membuat materi presentasi, dengan kata- kata ataupun kalimat sendiri. Ingat, disini kata kuncinya adalah membuat rangkuman, bukan ringkasan. Meringkas cuma menyingkat, tetapi membuat rangkuman adalah menyajikan inti modul pokok yang penting.

4. DIGEST– Telaah

Disini adalah kembali lagi menelaah serta‘ mencerna’ apa yang belum dimengerti serta dipahami. Baca kembali rangkuman yang sudah terbuat, termasuk tanda- tanda ataupun catatan yang belum dimengerti. Semua tanda ataupun catatan hendaknya sudah dimengerti seperti yang terdapat di langkah UNDERSTAND. Bila masih ada yang belum mengerti, silakan mencari info ke pakar eksternal ataupun sumber yang dapat dipercaya.

5. EXPAND– Kembangkan

Di tahap ini merupakan mengembangkan apa yang sudah dipelajari. Misalnya kamu merupakan seorang trainer, coba kembangkan modul yang sudah dipelajari dengan memberi 3 pertanyaan:

Bila aku bisa bertemu dengan penulis materi tersebut, persoalan apa atau kritik apa yang harus aku sampaikan?

Bagaimana metode mengaplikasi materi tersebut sesuai dengan minat aku?

Bagaimana metode membuat informasi dalam modul tersebut jadi menarik serta dipahami oleh partisipan dalam pelatihan?

6. REVIEW– Pelajari Kembali

Adalah bagian terakhir dari strategi serta metode belajar yaitu mempelajari kembali modul yang telah dipelajari, dan mengulangnya kembali. Bila kita sempat membaca suatu materi serta mengulangnya kembali, akan memudahkan pemahaman serta pengertian lebih mendalam terhadap modul tersebut.

Demikian materi strategi belajar MURDER, dengan mempraktikkan secara tepat serta efektif, maka cara belajar serta pemahaman atas materi belajar akan meningkat secara drastic.

Leave a Reply

Your email address will not be published.